I  

Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pemilu 2019 KPU Mamuju

KPU Mamuju menggelar pleno rekapitulsi hasil pemungutan suara dan penetapan hasil Pemilu 2019 di aula asrama haji kabupaten Mamuju, Kamis 2 Mei 2019.

Kapolres Mamuju, AKBP Muhammad Rivai Arvan, Dandim 1418 Mamuju, Letkol Inf Jamet Nijo, sejumlah saksi peserta Pemilu dan pimpinan partai politik turut hadir pada pembukaan pleno.

Lima Komisioner KPU Mamuju juga hadir dalam agenda tersebut.

KPU Mamuju menargetkan pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara dan penetapan hasil Pemilu 2019 tingkat kabupaten selesai dalam tiga hari. Itu lantaran hingga kini rekapitulasi untuk kecamatan Mamuju dan Simboro masih berlangsung.

"Pleno hari ini itu kita targetkan kecamatan Tommo dan Sampaga semoga bisa selesai sampai sore. Lanjut di malam hari yaitu kecamatan Papalang dan Kalukku," beber komisioner KPU Mamuju, Asriani

Masih kata Asrani, hari kedua pelaksanaan rekapitulasi dan penetapan hasil Pemilu tingkat kabupaten ditargetkan mampu menyelesaikan Bonehau dan Kalumpang di pagi hingga siang hari, Tapalang dan Tapalang Barat serta Bala Balakang dan Simboro di malam harinya.

"Sambil jalan pleno tingkat kabupaten dengan membacakan hasil rekap beberapa kecamatan lainnya, kita juga menunggu rekap Mamuju dan kecamatan Simboro yang belum tuntas. Kita target, khusus untuk Simboro itu selasai hari ini. Mamuju tersisa 60 TPS yang belum tuntas," terang Asriani.

Menurut Asriani, menggelar pleno tingkat kabupaten di tengah proses rekap di kecamatan Mamuju dan Simboro belum selesai itu adalah hal yang bisa dilakukan alias tak menyalahi aturan.

"Karena dia beda tingkatan, jadi tidak menyalahi aturan. Lagi pula, di rekap kabupaten itu kan kita membacakan hasil rekap per kecamatan, jadi tidak harus selesai semua baru kita bacakan," beber komisioner KPU Mamuju divisi teknis penyelenggaraan Pemilu itu.

Dijelaskan Asriani, pleno tingkat kabupaten khusus untuk kecamatan Mamuju bisa dilaksankan pada tanggal 4 Mei 2019, lusa.

"Mamuju terlambat rekapnya karena memang di kecamatan ini punya TPS paling banyak, 151 TPS. Belum lagi tensi politik yang cukup tinggi di kecamatan Mamuju," cetus dia.

"Tapi kami targetkan,  seluruh proses rekapitulasi tingkat kecamatan itu selesai dalam 2 atau 3 hari ini, biar rekapitulasi tingkat kabupaten juga bisa selesai tepat waktu," pungkas Asriani. (Sumber: WACANA.Info)