I  

Genjot Partisipasi Masyarakat, KPU Kabupaten Kaur Berguru ke Mamuju

MAMUJU--Dua Komisioner KPU kabupaten Kaur provinsi Bengkulu bertandang ke KPU kabupaten Mamuju, Senin (11/11). Kunjungan kerja yang dilakoni Komisioner KPU Kaur tersebut dalam agenda menimba ilmu di KPU Mamuju dalam hal apa dan bagaimana meningkatkan angka partisipasi masyarakat di setiap momentum politik.

KPU kabupaten Mamuju dianggap sangat layak dijadikan rujukan dalam hal peningkatan angka partisipasi masyarakat. KPU kabupaten Kaur menilai, prestasi mentereng yang diraih KPU Mamuju dalam hal iklan layanan masyarakat kreatif dan inovatif merupakan bukti nyata betapa KPU Mamuju sangat layak dijadikan referensi.

"Kami ingin menggali banyak informasi di Mamuju. Apa kiat-kiatnya sampai bisa juara dua se indonesia (kategori iklan layanan masyarakat kreatif dan inovatif). Kami juga ingin menggali banyak informasi baik di bidang teknis, bidang hukum tentang apa-apa saja ilmu yang dapat kami timba di kabupaten Mamuju ini," papar Komisioner divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU kabupaten Kaur, Yohardi.

Di Pemilu April 2019 lalu, angka partisipasi masyarakat di kabupaten Kaur ada di 86 Persen. Dari sejumlah proses evaluasi yang telah dilakukan, perlu dilakukan upaya lain dalam hal sosialisasi pelaksanaan Pemilu utamanya pada gelaran Pilkada serentak tahun 2020 mendatang.

"Kenapa kami memilih untuk ke Mamuju ?, karena berkaitan dengan peningkatan angka partisipasi masyarakat di Pemilu lalu. Apalagi di Rakornas KPU beberapa waktu lalu, KPU Mamuju meraih peringkat dua nasional terkait iklan layanan masyarakat. Ini sangat dibutuhkan bagi kami dalam hal meingkatkan partisipasi masyarakat khusunya di Pilkada mendatang. Dulu kami baru 86 Persen, ini perlu kami evaluasi makanya kami semangat betul untuk ke Mamuju," sebut Erfanadi, Komisioner KPU kabupaten Kaur divisi teknis.

Audiens KPU Mamuju dan KPU Kaur digelar di ruang media center KPU Mamuju. Seluruh Komisioner KPU Mamuju turut hadir pada pertemuan yang digelar secara sederhana tersebut.

Hadir pula Ketua KPU Sulawesi Barat, Rustang dan Plt Sekretraris KPU Sulawesi Barat, Baharuddin.

"Kami ingin mengetahui bagaimana cara kawan-kawan KPU Mamuju dalam hal mewujudkan itu hingga berujung prestasi yang gemilang. Sehingga virus baik itu bisa pindah ke Kaur, minimal mengikuti lah," tutup Erfanadi. (*)