I  

Calon PPK Pilkada Mamuju Mulai Setor Berkas


MAMUJU--Masa pemasukan berkas untuk seleksi penerimaan calon anggota PPK Pilkada Mamuju sudah dimulai sejak 18 Januari 2020. Sejumlah calon anggota PPK sudah mulai menyetor formulirnya ke sekretrariat KPU Mamuju lengkap dengan beberapa bahan administrasi yang memang telah dipersyaratkan.

KPU kabupaten Mamuju menyediakan kuota untuk PPK se kabupaten Mamuju sebanyak 55 orang. Lima orang untuk tiap kecamatannya.

Staf KPU Mamuju pun sejak jauh-jauh hari telah mengumumkan proses seleksi calon anggota PPK hingga ke wilayah kecamatan. Juga dipublish di website resmi KPU Mamuju serta di ragam media sosial KPU Mamuju.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, masa pemasukan berkas pendaftaran calon PPK untuk Pilkada Mamuju akan dibuka hingga 24 Januari 2020.

Terdapat sejumlah syarat yang wajib dipenuhi oleh mereka yang hendak mendaftar sebagai calon PPK. Salah satunya, tidak menjadi anggota Parpol yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau paling singkat lima tahun tidak lagi menjadi anggota Parpol yang yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus Parpol yang bersangkutan.

"Termasuk juga yang dipersyaratkan adalah tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memeroleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam pidana penjara lima tahun atau lebih," jelas Ahmad Amran Nur.

Yang juga dipersyaratkan dalam rekrutmen calon anggota PPK adalah para pendaftar tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu.

"Itu berlaku di semua tingkatan. Termasuk dengan penyelenggara Pemilu Bawaslu," ujar mantan aktivis PMII itu.

Untuk informasi lebih rinci seputar syarat, ketentuan serta informasi lainnya, termasuk untuk mengunduh formulir pendaftaran calon anggota PPK, silahkan diunduh di menu download. (*)