I  

Pleno Rekapitulasi DPHP Tingkat Kelurahan/Desa se-Kabupaten Mamuju

MAMUJU--Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) diplenokan di tingkat tingkat Kelurahan/Desa se-Kabupaten Mamuju. Komisioner KPU Mamuju divisi perencanaan, data dan informasi, Asriani memantau langsung jalannya pleno terbuka DPHP tingkat kelurahan/desa tersebut, Selasa 1 September 2020.

Bersama Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Barat, Sukmawati M Sila, Asriani memantau jalannya pleno di Kelurahan Rimuku. Dalam penjelasannya, Asriani mengatakan, pleno rekapitulasi DPHP tersebut dilakukan secara berjenjang "Yaitu di tingkat kelurahan/desa oleh PPS pada tanggal 30 Agustus sampai 1 September 2020. Lalu di tingkat Kecamatan oleh PPK yang akan berlangsung dari tanggal 2 sampai 4 September. Serta di tingkat Kabupaten pada tanggal 5 hingga 14 September 2020," terang Asriani.

Segala item yang menjadi bahan pada pleno rekapitulasi DPHP tersebut, sambung Asriani, merupakan hasil dari proses pencoklitan yang sebelumnya telah dilaksanakan. Untuk selanjutnya ditetapkan menjadi DPHP di tingkat kelurahan/desa.

"Berlanjut di tingkat kabupaten, DPHP ini akan ditetapkan menjadi DPS (Daftar Pemilih Sementara) untuk kemudian diumumkan dan mendapat tanggapan dari masyarakat berupa saran perbaikan atau masih memberikan ruang kepada masyarakat yang belum terdaftar dalam DPS,"sambungnya.

Selanjutnya, kata Asriani, DPS tersebut akan ditetapkan menjadi DPT (Daftar Pemilih Tetap) pada Oktober tahun ini.

"Masih memungkinkan untuk perbaikan atau perubahan data sebelum Daftar Pemilih ditetapkan menjadi DPT oleh KPU Kabupaten Mamuju," pungkas Asriani. (*)