I  

Dua Bakal Pasangan Calon Kepala Daerah Mendaftar di Hari yang Sama

MAMUJU--Pasangan Sutinah-Ado dan Habsi Wahid-Irwan SP Pababari adalah dua bakal pasangan calon Kepala Daerah yang secara resmi mendaftar ke KPU Mamuju. Keduanya, berikut rombongan perngurus partai pengusung datang di hari yang sama, Sabtu 5 September 2020.

Diawali oleh Sutinah-Ado yang resmi mendaftar di pagi hari. Dan dilanjut di siang harinya oleh duet Habsi Wahid-Irwan SP Pababari. Sesuai dengan kesepakatan bersama, hanya ada 50 orang saja yang dibolehkan masuk ke sekretariat KPU Mamuju di proses pendaftaran bakal pasangan calon hari itu.

KPU Mamuju dalam proses pendaftaran tersebut juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19. Setiap yang masuk diwajibkan untuk mengenakan masker, mengenakan sarung tangan, serta pengecekan suhu tubuh yang dilakukan tepat di gerbang utama sekretariat KPU Mamuju.

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang berikut empat Komisioner KPU Mamuju lainnya; Hasdaris, Muhammad Rivai, Asriani dan Ahmad Amran Nur turut hadir pada agenda tersebut. Komisioner KPU Sulawesi Barat, Said Usman, pimpinan Bawaslu Mamuju; Rusdin, Mustikawati dan Faisal Jumalang serta Ketua Bawaslu Sulawesi Barat, Sulfan Sulo ikut menyaksikan proses pendaftaran kedua bakal pasangan calon Kepala Daerah tersebut.

Kelima Komisioner KPU Mamuju hadir dengan setelan batik. Pun dengan seluruh staf sekretariat KPU Mamuju yang juga mengenakan batik di hari itu. Hamdan Dangkang dalam penjelasannya mengatakan, kain batik yang jadi salah satu identitas Indonesia merupakan simbol pemersatu Bangsa.

"Juga sebagai penegasan bahwa kami di KPU berkomitmen untuk senantiasa profesional dan independen dalam bekerja. Batik ini kan salah satu indentitas Bangsa. Jadi pesannya adalah bagaimana agar supaya kontestasi Pilkada tahun ini dijadikan momentum untuk menyamakan persepsi di antara seluruh masyarakat agar bagaimana Kabupaten Mamuju bisa jauh lebih baik lagi, siapapun Kepala Daerah-nya," terang Hamdan Dangkang.

Selain menerima berkas dokumen syarat pencalonan maupun syarat calon, KPU di hari yang sama juga sekaligus melakukan penelitan atas setiap dokumen syarat pencalonan dan syarat calon yang dimasukkan. Disaksikan langsung oleh para pengurus partai politik, serta dari pihak Bawaslu.

Di kesempatan yang sama, Hamdan Dangkang juga menyampaikan rencana agenda pemeriksaan kesehatan yang mesti diikuti oleh para bakal pasangan calon Kepala Daerah. Oleh KPU Mamuju, kedua bakal pasangan calon tersebut diminta untuk bersiap diri untuk mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan yang direncanakan akan dipusatkan di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo pada 10 sampai 11 September 2020. (*)