I  

KPU Musnahkan Kelebihan serta Surat Suara yang Rusak

MAMUJU--Ketua Bawaslu Mamuju, Rusdin, Kapolresta Mamuju, Kombespol Minarto, serta Dandim 1418 Mamuju, Kolonel Inf. Tri Aji Sartono menyaksikan langsung pemusnahan surat suara yang lebih serta surat suara yang rusak oleh KPU Kabupaten Mamuju, Selasa, 8 Desember 2020 malam.

Pemusnahan kelebihan surat suara serta surat suara yang rusak itu berlangsung di gudang logistik KPU Kabupaten Mamuju. Sebanyak 161 lembar surat suara yang rusak, serta 3065 lembar kelebihan surat suara malam itu dimusnahkan dengan cara dibakar.

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang menjelaskan, pemusnahan surat suara tersebut didasarkan pada hasil sortir yang sebelumnya telah dilakukan. Pemusnakan itu sendiri dilakukan untuk mengantisipasi dan menghindari penyalahgunaan atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Sementara untuk kerusakan surat suara antara lain dikarenakan terdapat noda tinta di surat suara, sobek, tidak tercetak utuh, noda tinta di salah satu gambar pasangan calon, dan noda tinta di dua gambar pasangan calon.

"Jadi, surat suara hasil sortir yang mengalami kerusakan kami musnahkan," kata Hamdan.

Seperti diketahui, jumlah surat suara untuk Pilkada Mamuju sebanyak 162.218. Disesuaikan dengan total keseluruhan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sebelumnya telah ditetapkan. Ditambah dengan surat suara cadangan sebanyak 2,5 Persen dari jumlah DPT. Serta 2 Ribu lembar surat suara yang dipersiapkan jika dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU). (*)