I  

Outbound KPU Mamuju: Latih Kekompakan, Rajut Silaturrahmi

MAJENE--Aneka permainan sederhana dilakoni oleh segenap staf sekretariat KPU Kabupaten Majene. Para Komisioner KPU Kabupaten Mamuju pun ikut serta pada oubound yang dipusatkan di kawasan wisata pantai Barane, Majene, Sabtu, 3 April 2021 itu.

Meski dikemas sederhana dan dibuat se menyenangkan mungkin, ragam permainan sederhana pada agenda outbound tersebut nyatanya menyimpan banyak pembelajaran. Baik oleh Komisioner, maupun para staf sekretariat KPU Kabupaten Mamuju.

Komisioner KPU Kabupaten Mamuju, Hasdaris menjelaskan, aneka permainan sederhana yang dilakoni pada agenda tersebut memberi pelajaran berarti bagi upaya memaksimalkan Kinerja di KPU Kabupaten Mamuju. Di sana ada kreaivitas, kekompakan, kepemimpinan, kedisiplinan, serta sejumlah sisi positif lainnya.

"Termasuk bagaimana kami di KPU untuk tetap menjalin silaturrahmi. Kami berharap, segala hal positif dari kegiatan ini bisa menjadi bekal dalam menapaki tahapan kepemiluan selanjutnya," papar Hasdaris, Komisioner KPU Kabupaten Mamuju divisi hukum dan pengawasan itu.

Agenda Outbound tersebut merupakan satu dari sekian item kegiatan pada pelaksanaan evaluasi tahapan Pilkada serentak tahun 2020. Komisioner KPU Mamuju divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM, Ahmad Amran Nur menambahkan, outbound di sela-sela evaluasi merupakan upaya KPU Kabupaten Mamuju dalam mengembangkan kualitas SDM secara internal.

"Di sana kami dilatih untuk selalu siap dalam bertindak dan merespon dengan cepat sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Harapannya agar seluruh staf selalu siap dalam merespon serta menghadapi tantangan-tantangan perubahan yang muncul dan dihadapi," papar Amran.

Termasuk, kata Amran, bagaimana para staf dapat membangun komitmen yang ditujukan untuk peningkatan kapasitas individu dan kolektivitas kerja utamanya dalam menghadapi tumpukan kegiatan di masa yang akan datang. (*)