I  

Wawancara Khusus Ketua KPU Mamuju

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang. (Foto/Manaf Harmay)


MAMUJU--Pemilihan Bupati (Pilbup) Mamuju akan dilaksanakan serentak pada 23 September 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju berupaya maksimal untuk mempersiapkan perhelatan pesta demokrasi tersebut. 

Apa saja bentuk persiapan tersebut? Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang menerima kunjungan Sulbarkita.com di ruang kerjanya, Jalan Mustafa Katjo, Kelurahan Simboro, Kecamatan Simboro, Kamis, 21 November 2019. Berikut ulasan wawancaranya.

Hingga saat ini, Seperti Apa persiapan KPU Mamuju menghadapi Pilkada 2020? 

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilbub 2020, kami melakukan sejumlah tahapan perencanaan sejak Agustus 2019. Pertama adalah menyusun estimasi anggaran dan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pilbup 2020. Anggaran yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju saat itu sebesar Rp 28 miliar.

Tapi mengapa mengajukan anggaran sebesar Rp 39 miliar? Apakah itu menunjukkan perlunya anggaran yang lebih besar untuk Pilkada Mamuju? 

Sebelumnya kami memang mengusulkan anggaran yang nilainya demikian. Anggaran itu untuk asumsi 5 pasangan calon. Namun setelah Pemkab Mamuju melakukan singkroniasi anggaran dengan mempertimbangkan keuangan daerah, ditetapkanlah anggaran Pilkada itu (Rp 28 miliar). Kami juga tidak bisa memaksakan usulan karena memang harus disesuaikan dengan keuangan daerah.

Bila demikian, KPU Mamuju terpaksa lakukan efisiensi? 

Mau tidak mau kami harus pintar-pintar merevisi kembali pos anggaran yang ada. Untuk Pilkada ada kegiatan-kegiatan pokok yang wajib dilakukan dan ada juga kegiatan pendukung yang mesti dikurangi. Misalnya sosialisasi Pemilu kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Kalau sebelumnya kami bakal selenggarakan sebanyak 3 kali, kini dikurangi menjadi 1 atau 2 kali saja.

Bagaimana nasib tenaga ad hoc KPU Mamuju bila anggarannya saja kecil? 

Selengkapnya, baca di sulbarkita.com