I  

Daftar PPS, Perhatikan Periodesasi !

Komisioner KPU Mamuju divisi humum dan pengawasan, Hasdaris.


MAMUJU--Seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada Mamuju tahun 2020 kini memasuki tahap penerimaan pendaftaran. Dokumen pendaftaran bagi siapa saja yang menginginkan posisi tersebut dibuka dari 18 Februari tahun 2020 sampai 24 Februari tahun 2020.

Sederet syarat dan ketentuan wajib dipenuhi oleh para calon anggota PPS. Salah satu poin persyaratan yang wajib dipenuhi oleh para calon anggota PPS adalah terkait periodesasi.

Komisioner KPU Mamuju divisi hukum dan pengawasan, Hasdaris meminta para calon anggota PPS untuk memperhatikan syarat periodesasi tersebut. Belajar dari rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) baru-baru ini, ada beberapa pendaftar yang terganjal karena persoalan periodesasi.

"Kami menginginkan agar para calon PPS ini tidak lagi terbentur pada persoalan periodesasi. Makanya, harap untuk memperhatikan syarat tersebut," papar Hasdaris, Selasa, 18 Februari 2020.

KPU Mamuju dalam pengumuman nomor: 48/PP.04.2-PU/7602/Kpu-Kab/II/2020 tentang seleksi calon anggota PPS Pilkada Mamuju tahun 2020 disebutkan, calon anggota PPS belum pernah menjabat dua kali dalam jabatan yang sama sebagai anggota PPS.

Perhitungan jabatan anggota PPS dalam jabatan yang sama yaitu telah menjabat dua kali periode berturut-turut sebagai anggota PPS dalam pelaksanaan Pemilu DPR, DPD dan DPRD, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati/atau Walikota dan Wakil WaliKota dengan periodesasi sebagai berikut:

a. Periode pertama dimulai pada tahun 2004 hingga tahun 2008;
b. Periode kedua dimulai pada tahun 2009 hingga tahun 2013; dan
c. Periode ketiga dimulai pada tahun 2014 hingga tahun 2018;
d. Periode keempat dimulai pada tahun 2019.

"Termasuk yang juga tak kalah pentingnya adalah agar para calon anggota PPS ini benar-benar tidak menjadi anggota Partai Politik, termasuk tidak menjadi tim kampanye peserta Pemilu dan/atau pemilihan," pungkas Hasdaris.

Untuk melihat syarat dan ketentuan, termasuk formulir pendaftaran calon anggota PPS Pilkada Mamuju tahun 2020, dapat diunduh di menu download. (*)