I  

Sikapi Wabah Covid-19, Penundaan Tahapan Pilkada Belum Jadi Opsi KPU

Mamuju Macoa 2020.


JAKARTA--Wabah Covid-19 yang telah ditetapkan menjadi pandemi disikapi serius oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Sebagai lembaga yang tengah sibuk menyiapkan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020, KPU mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan serta potensi meluasnya wabah tersebut dengan mengatur jam kerja serta tahapan pemilihan yang tengah dan akan berjalan.

Melalui Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020, aturan terkait jam kerja dilakukan dengan membagi masa kerja pegawai, sebagian masuk dan sebagian lainnya bekerja dari rumah (work from home).

Dalam surat tersebut juga dianjurkan kepada para pegawai untuk melindungi dirinya masing-masing dengan penyediaan sanitizer baik pribadi maupun diruang kerja.
"Sehingga perhatian untuk pencegahan Covid-19 bisa dimaksimalkan," ujar Ketua KPU RI Arief Budiman seperti dikutip kpu.go.id.

Penundaan tahapan, belum jadi opsi bagi KPU RI.

"KPU berharap upaya pencegahan penyebaran Covid-19 selama dua minggu ini penanganannya berhasil dengan baik sehingga tahapan Pemilihan 2020 dapat berjalan dengan baik," sambung Arief.

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang menjelaskan, beberapa kegiatan seperti sosialisasi, bimbingan teknis, serta kegiatan lain yang melibatkan banyak orang bakal ditunda pelaksanaannya.

"Segala kegiatan yang berpotensi menghadirkan banyak orang saat ini telah ditunda hingga perkembangan situasi membaik," sumbang Hamdan Dangkang. (*)