I  

Kalukku jadi Penyumbang Persentase Kehadiran Pemilih Tertinggi di Pilkada Mamuju

Hamdan Dangkang Saat Memusnahkan Kelebihan dan Surat Suara yang Rusak.


MAMUJU--Bukan sekadar mencapai target, angka partsipasi pemilih di Pilkada Mamuju tahun 2020 bahkan melampaui target partisipasi pemilih yang ditetapkan KPU RI. Persentase pemilih yang mencapai angka 89,37 Persen jelas jadi prestasi sendiri bagi penyelenggara Pilkada.

Ketua KPU Kabupaten Mamuju, Hamdan Dangkang menyebut, capaian tersebut tak lepas dari keterlibatan pihak lain dalam mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada tahun ini. Partisipasi pemilih di Pilkada Mamuju, kata Hamdan, tak lepas dari penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu. Termasuk partisipasi aktif dari jajaran TNI dan Polri, media, serta seluruh lapisan masyarakat.

"Tanpa peran dari seluruh lapisan masyarakat. Baik langsung maupun tidak langsung bikin angka partisipasi pemilih di Pilkada tahun ini melampaui target yang ditetapkan," ucap Hamdan Dangkang, Selasa 22 Desember 2020.

Dari 11 kecamatan, Kecamatan Kalukku jadi penyumbang angka partisipasi kehadiran pemilih tertinggi dengan 92,79 Persen. Disusul Kecamatan Tapalang dengan persentase 90,47 Persen. Kecamatan Kalumpang jadi wilayah dengan persentase penyumbang angka partisipasi terendah dengan 81,97 Persen.

Hamdan mengaku, capaian tersebut kian membanggakan lantaran tahapan Pilkada tahun ini yang harus digulirkan di tengah pandemi Covid-19. Sosialisasi penerapan 12 hal baru di Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbukti sukses.

"Dengan 89,37 Persen, itu artinya sosialisasi penerapan 12 hal baru di TPS yang kami lakukan cukup berhasil," pungkas Hamdan Dangkang. (*)