I  

MK Tolak Gugatan Pemohon, KPU Mamuju Segera Tetapkan Pasangan Calon Terpilih

Sidang Pengucapan Putusan di MK. (Screen Shoot You Tube MK)


JAKARTA--Jalan panjang seluruh rangkaian pelaksanaan Pilkada Mamuju tahun 2020 memasuki babak akhir. Dalam waktu dekat, KPU Mamuju bakal menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon Kepala Daerah terpilih hasil Pilkada Mamuju tahun 2020.

Itu setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan permohonan pemohon tidak dapat diterima. Pemohon dalam sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilkada Mamuju tahun 2020 adalah pasangan Drs. H. Habsi Wahid, MM-H. Irwan Satya Pababari, S.H., M.TP.

Dalam amar putusan yang dibacakan oleh Ketua MK, Anwar Usman, mengadili dalam eksepsi; pertama menyatakan eksepsi Termohon (KPU Kabupaten Mamuju) dan Pihak Terkait (Pasangan Sutinah Suhardi dan Ado Mas ud) berkenaan dengan kedudukan hukum Pemohon, beralasan menurut hukum.

"Menyatakan Pemohon tidak memiliki kedudukan hukum," ucap Anwar Usman dalam Sidang pengucapan putusan yang disiarkan langsung via kalal you tube Mahkamah Konstitusi, Rabu, 17 Februari 2021 siang.

Dalam pokok permohonan, "menyatakan permohonan Pemohon tidak dapat diterima," demikian Anwar Usman.

Hamdan Dangkang, Ketua KPU Mamuju menjelaskan, apa yang diputuskan hakim MK tersebut sudah sesuai dengan materi jawaban yang disusun KPU Mamuju bersama tim kuasa hukum dalam agenda persidangan sebelumnya.

"Bahwa memang KPU dalam menjalankan seluruh proses dan tahapan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 itu telah sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku," terang Hamdan dalam keteranganna usai sidang.

KPU Mamuju dalam waktu dekat bakal menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih Pilkada Mamuju tahun 2020. Setelah menerima surat resmi dari KPU RI terntunya.

"Kalau berdasarkan PKPU tahapan, paling lambat lima hari setelah kami menerima surat resmi dari KPU RI. Tapi di PKPU rekapitulasi, itu paling lambat tiga hari. Yah, kita ambil tengah-tengahnya saja. Prinsipnya secepat mungkin," begitu kata Hamdan Dangkang. (*)